Followers

LCD TV hitachi L42X01A "Kerusakan Standby"

Seperti yg saya postkan sebelumnya apa yg saya tulis ini menurut praktek yg pernah saya kerjakan,jika menambah ilmu memang tak cukup hanya dgn teori saja.



lcd tv hitachi L42X01A kerusakan stanby, langkah pertama saya coba cek power suply, cek tegangan stanby 5 volt, lalu coba di on manual dengan cara power on di jumper dangan stanby"5 volt", ternyata power suply normal dgn teg: ke main board 5 volt & 12 volt & ke inverter 24 volt.disini sudah jelas kerusakan dari bagian mainboard.
langkah selanjutnya saya coba cek memory epprom dengan ic 24lc32a, iseng2 saya coba flash, ternyata sama saja lampu indikator masih tetap stanby.coba lagi cek beberapa tegangan pembagi regulator dengan output 3,3 volt 2,5 volt 1,8 volt 1,2 volt untuk suply ke berbagai ic seperti chipset juga hdmi, disinilah saya temukan kejanggalan di bagian teg hdmi,dengan ic regulator Ams 1117.

dimana ic input bertegangan 5 volt dengan output 3,3 volt, disini tegangan input 5 volt normal tapi output tak keluar sama sekali. cek lagi output ternyata shot ke ground, saya cabut ic hdmi dgn tipe ic image silicon SIL169CTG100 ,setelah saya cabut ic,output sudah gak shot tapi tegangan tetap gak keluar,saya kira ams 1117 juga rusak,tak berpikir panjang saya coba ganti ams 1117 tegangan langsung jreng keluar 3,3 volt.hiduplah lcd tv, yg tadinya stanby kini bisa di tonton kembali.& langkah terakhir tinggal memasang ic hdmi yang bagus.


nambah: ic hdmi jika tidak di pasang tidak berpengaruh apapun,karna hanya sebagai swit ke hdmi.









Cpm Affiliation : the cpm advertising network


make cash





 

Hobby Elektronik Copyright © 2011 -- Template created by Acakadut -- Powered by Firman Wahyudi