Followers

Penyebab Kerusakan TV Digitec Tidak Ada Suara


 

Satu lagi kerusakan TV yang saya kerjakan kemarin, yaitu service Televisi merek Digitec dengan gejala tidak ada suara, setelah TV dihidupkan sekitar satu jam, barulah suara muncul dan normal kembali.

Awalnya saya kira bagian blok power amlifier yang bermasalah, karena beranggapan IC TDA 2003 yang mati, maka segera saya ganti IC power tersebut. Ternyata IC normal, dan kemudian pengecekan dilanjutkan pada semua elco dan kapasitor, ternyata normal.

Setelah saya lihat dan ukur speakernya, ternyata speaker tidak berfungsi normal. Padahal sebelum TV dihidupkan, sudah sempat saya ukur dan normal. Setelah TV menyala kenyataannya speaker mati, kesimpulan saya bagian dalam yaitu gulungan spul speaker yang sudah soak.

Saya test dengan speaker luar, ternyata dapat berbunyi. Jadi kesimpulan saya spekernyalah yang mati. Ganti speaker sepasang dan TV dapat normal kembali. Di lain waktu akan ssaya tulis pengalaman service TV Digitec mati protec atau mati total.






Cpm Affiliation : the cpm advertising network


make cash





 

Hobby Elektronik Copyright © 2011 -- Template created by Acakadut -- Powered by Firman Wahyudi