Followers

Perbaikan Tape Sony DVD Power Protec Dan Mengenal Alat-Alat DVD

  
 Sony mungkin produk ungulan di dunia elektronik,apalagi warga indonesia saya rasa banyak yang mengunakan produk ungulan ini,sony mempunyai bermacam macam produk elektronik misanya dvd,tape,radio,tv,handphone,komputer dll.
 pada kesempatan ini saya akan membahas tentang kerusakan pada tape dvd sony yang memakai ic stk 412 dan stk 420,untuk di daerah saya(cirebon) stk 420 dan stk 412 memang susah di temukan bahkan untuk mendapatkan ic saya harus ke dealer sony walaupun butuh waktu lama.
 power protec/bisa di sebut safe mode sony bisa terjadi karna tegangan dari power suplay regulator rusak/terjadinya consleting pada ic STK.langkah perbaikan pertama kita harus cek tegangan dari power suplay regulator bila tegangan tidak normal berarti sudah jelas yang rusak ic STK pada power amply sering saya temukan di merek2 lain kerusakan hampir sama di sony.
 STK adalah ic power amply yang terdiri dari sebuah transistor yang sering di gunakan di alat elektronika tidak jauh beda dengan rangkaian OCL power amly.
 
KERUSAKAN PADA DVD

di jaman sekarang dvd sudah tidak asing bgi kita.bahkan dvd di jaman sekarang bisa di sebut ketingalan jaman(jadul).bgi temen temen yang belum tahu tentang kerusakan dvd saya akan membahas jenis jenis kerusakanya
pengenalan alat alat dvd
1.regulator
2.ic eprom
3.mpg/maindboard
4.optik
5.kabel serat optik
6.mechanic/di sebut tempat berputarnya disk
sekarang kita bahas 1/1

REGULATOR dvd mempunyai tegangan output +12v,-12v,+5v,-5 ada juga yang memakai tegangan +12v dan +5v tergantung dari ampeg/mainboard yang mereka gunakan.jika regulator bermasalah dvd bisa mengalami matot

 IC adalah integrate circuit ic eprom dvd di gunakan utuk menyimpan perintah dari sebuah program dvd bila terjadi kerusakan di eprom,dvd mengalami safe mode,lampu power menyala tapi tidak tampil display

mpg/mainboard.mpg terdiri dari ic sound driver,video drive,ic motor, jika terjadi kerusakan pada sound drive suara tidak ada tetapi gambar tampil dan sebaliknya bila ic video mati suara ada dan gambar tidk tampil,ic motor adalah sebuah ic driver motor untuk menjalankan optik,open close dan perputaran disk cd/dvd.

optik adalah sebuah alat yang mengeluarkan cahaya untuk membaca disk dan cahaya di hasilkan oleh led dan di pantulkan oleh lensa.jika terjadi kerusakan pada optik,display akan tampil no disk/tidak ada disk.

serat optik adalah sebuah kabel tipis berwarna putih yang di gunakan untuk jalur optik ke mpg/maindboard,kabel ini sering putus karna pergeseran motor optik






Cpm Affiliation : the cpm advertising network


make cash





 

Hobby Elektronik Copyright © 2011 -- Template created by Acakadut -- Powered by Firman Wahyudi